Cuaca Ekstrem Melanda Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Daerah Berikut Ini Harus Waspada

Senin, 14 Februari 2022 – 11:49 WIB
Cuaca Ekstrem Melanda Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Daerah Berikut Ini Harus Waspada  - JPNN.com Jateng
Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah dalam tiga hari ke depan. 

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di perairan utara Australia. 

Hal tersebut, kata dia, bisa menyebabkan angin didominasi dari arah barat (angin baratan) di wilayah Jawa Tengah serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

"Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia," katanya, Senin (14/2). 

Sutikno menjelaskan Madden Julian Oscillation (MJO) pada11 Februari 2022 berada pada Kuadran 3 (Indian Ocean) yang menunjukkan kontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia signifikan. 

Berdasarkan model filter spasial MJO 14–15 Februari 2022, gangguan fenomena MJO diprakirakan terpantau aktif di wilayah Samudera Hindia sebelah barat Daya Sumatera, Pulau Jawa, dan Laut Jawa yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingg lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 14 - 16 Februari 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah. 

Berikut ini sejumlah daerah yang harus waspada cuaca ekstrem:

Cuaca ekstrem berpotensi melanda Jawa Tengah 3 hari ke depan. Sejumlah wilayah berikut ini diminta BMKG untuk waspada.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News