Kelenteng Sam Poo Kong Tetap Gelar Perayaan Imlek, Cermati Aturan Ini!

Senin, 31 Januari 2022 – 12:01 WIB
Kelenteng Sam Poo Kong Tetap Gelar Perayaan Imlek, Cermati Aturan Ini! - JPNN.com Jateng
Patung Laksamana Cheng Ho di kawasan Kelenteng Sam Poo Kong. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kelenteng Sam Poo Kong akan menggelar perayaan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili pada Selasa (1/2) besok.

Perayaan Imlek tahun ini merupakan kali pertama Kelenteng terbesar di Kota Semarang itu, setelah dua tahun mengarungi pandemi Covid-19. Pengelola Kelenteng Sam Poo Kong mengaku telah mengantongi lampu hijau dari pemerintah setempat.

"Kami sudah mendapat izin dari Pemerintah Kota Semarang, tetapi jumlah pengunjung harus dibatasi," kata General Manager Kelenteng Sam Poo Kong Anandita Renaldie, Mingg (30/1).

Anandita menuturkan sebelum pandemi Covid-19, Kelenteng Sam Poo Kong menerima kunjungan wisatawan saat Imlek mencapai 7 ribu hingga 10 ribu orang. 

Kali ini, pihaknya tetap membuka perayaan Imlek dengan kapasitas maksimal hanya sebanyak 2 ribu pengunjung.

Meskipun ada sejumlah pembatasan termasuk penerapan protokol kesehatan secara ketat, pihaknya tetap mempertahankan konsep-konsep sebelumnya.

Pertunjukan barongsai termasuk serangkaian yang akan digelar dalam perayaan Imlek. Menurutnya, kegiatan tersebut sulit ditiadakan di Kelenteng Sam Poo Kong walaupun bersifat secara sederhana.

"Pertunjukan barongsai, drumblek, dan live music tetap ada di Kelenteng Sam Poo Kong, itu wajib. Akan tetapi, (acara) tidak mendatangkan artis seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi kami mohon maaf," kata Anindita.

Sejumlah pertunjukkan Imlek di Kelenteng Sam Poo Kong tetap akan digelar dengan prokes ketat. Nih aturan buat wisatawan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News