Begini Nasib Baik Candi Borobudur Jika Tol Yogyakarta-Bawen Jadi Dibangun

Jumat, 21 Januari 2022 – 14:51 WIB
Begini Nasib Baik Candi Borobudur Jika Tol Yogyakarta-Bawen Jadi Dibangun - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Sejumlah kendaraan melintas di Jembatan Tol Penggaron, Tol Trans Jawa Semarang-Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/AJI STYAWAN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen saat ini terus dimatangkan. Sejumlah langkah sosialisasi kepada warga terdampak terus dilakukan Pemprov Jateng dan pihak-pihak yang terlibat. 

Pembangunan ini sendiri akan melintasi tiga kabupaten, yakni Semarang, Temanggung, dan Magelang.

Perwakilan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Tol Yogyakarta-Bawen Endro Hudiyono mengatakan, pembangunan ini tidak akan mengenai kawasaan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. 

Menurutnya, yang terjadi justru malah sebaliknya. Keberadaan tol akan membawa nasib baik bagi kawasan tersebut lantaran akses semakin mudah. 

“Tol Yogyakarta-Bawen terutama di Kabupaten Magelang, tidak mengenai Candi Borobudur, tetapi justru mendekatkan akses ke kawasan Candi Borobudur," kata Endro, Kamis (20/1). 

Ia berharap dengan adanya pembangunan tol Yogyakarta-Bawen yang di Kabupaten Magelang itu bisa mendongkrak pariwisata di kawasan Borobudur. 

Endro menjelaskan bahwa Candi Borobudur merupakan destinasi wisata superprioritas, sekaligus kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). 

Sehingga, kata dia, pembangunan tol bukan semata-mata untuk kepentingan Candi Borobudur, tetapi juga destinasi kawasan pariwisata di sekitaran candi.

Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen bakal melintasi Kabupaten Magelang yang terdapat kawasan wisata Candi Borobudur. Pembangunan ini tak akan mengenai justru malah