Kuota Jemaah Haji 2024 Bertambah, Pj Gubernur Jateng Dorong Realisasi Embarkasi Baru di Demak

Rabu, 06 Desember 2023 – 21:54 WIB
Kuota Jemaah Haji 2024 Bertambah, Pj Gubernur Jateng Dorong Realisasi Embarkasi Baru di Demak - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jawa Tengah menerima kunjungan reses Komisi VIII DPR RI masa persidangan II tahun 2023-2024 di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (6/12). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur JawaTengah Nana Sudjana mendorong untuk realisasi pembangunan embarkasi baru di Jateng seiring dengan bertambahnya kuota haji 2024.

"Ada penambahan kuota kurang lebih tiga ribu jemaah haji di Jawa Tengah pada tahun 2024. Saya rasa ini bisa untuk mengurangi daftar tunggu masyarakat," kata Nana, seusai menerima kunjungan reses Komisi VIII DPR RI masa persidangan II tahun 2023-2024 di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (6/12).

Hingga kini, ada sebanyak 880.522 calon jemaah haji asal Jateng yang masuk dalam daftar tunggu. Perhitungannya, lama masa tunggu sekitar 31 tahun. Oleh karena itu, penambahan kuota itu dianggap sangat membantu mengurangi masa tunggu.

"Jadi memang tiap tahun masalah haji ini menjadi isu sentral, sehingga pelayanan terhadap haji memang harus ditingkatkan," ujar Nana.

Dalam kesempatan itu, Nana juga menerima masukan untuk pembuatan embarkasi baru di Jateng. Komisi VIII DPR RI membidik lokasi di wilayah Kabupaten Demak. Alasannya, Demak cukup strategis untuk melayani jemaah haji di wilayah pantura hingga bagian tengah Jawa Tengah.

"Ada masukan untuk dibuatkan embarkasi di Demak. Selama ini untuk jemaah haji kita siapkan di Donohudan. Ini akan kami koordinasikan dengan Bupati Demak untuk mencari lokasinya," kata Nana.

Sementara itu, Ketua Tim Reses Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid mengatakan Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah kedua dengan jumlah jemaah haji tertinggi di Indonesia. Peringkat pertama jumlah jemaah haji terbanyak adalah Jawa Timur.

Oleh karena itu, memang perlu adanya tambahan kuota haji sebesar 3.093 jemaah di Jawa Tengah untuk 2024. "Kuota haji di Jawa Tengah dapat tambahan cukup besar sekitar 3.093 dari sekitar 30 ribuan," kata Wachid.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mendorong untuk realisasi pembangunan embarkasi baru di Jateng seiring dengan bertambahnya kuota haji 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News