Tinjau Jawa Tengah, Jokowi Pastikan Persediaan Beras Aman

Kamis, 14 Desember 2023 – 10:26 WIB
Tinjau Jawa Tengah, Jokowi Pastikan Persediaan Beras Aman - JPNN.com Jateng
Presiden Jokowi di Kabupaten Pekalongan. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, KABUPATEN PEKALONGAN - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan cadangan beras kepada warga Kecamatan Wiradesa dan Siwalan, Kabupaten Pekalongan pada Rabu (13/12).

Penyerahan bantuan dilakukan di Gudang Bulog Bondansari, Kabupaten Pekalongan itu merupakan program pemerintah dalam menangani dampak el-Nino yang menyebabkan harga beras di pasaran ikut naik.

Dalam kesempatan itu, setiap warga menerima bantuan beras sebesar 10 kilogram. Bantuan serupa akan disalurkan lagi pada Januari, Februari, dan Maret 2024.

"Berasnya sudah diterima? Nanti bulan Januari, Februari, dan Maret akan diberikan lagi, supaya nanti tidak terbebani,” kata Jokowi seusai menyerahkan bantuan pangan secara simbolis kepada warga.

Sebelumnya, Jokowi juga mengecek penanaman padi di Desa Kaibahan, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Di sana Jokowi menyampaikan bahwa stok beras nasional masih aman. Data terakhir stok beras masih sekitar 1,4 juta ton.

"Aman, stok Bulog terakhir kemarin pagi masih 1,4 juta ton," ujar Jokowi.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengakui, dampak elnino di Jawa Tengah terasa sampai November 2023. Hal itu juga berdampak pada mundurnya jadwal tanam para petani.

Meskipun demikian, ketersediaan beras di Jawa Tengah masih aman, yakni sebanyak 6,2 juta ton dengan kebutuhan 3,9 juta ton pada 2023. 

Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan cadangan beras kepada warga Kecamatan Wiradesa dan Siwalan, Kabupaten Pekalongan pada Rabu (13/12).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News