Lewat Fashion Show, Mbak Eisti Kenalkan Pakaian Adat & Batik Khas Demak 

Kamis, 14 Desember 2023 – 12:35 WIB
Lewat Fashion Show, Mbak Eisti Kenalkan Pakaian Adat & Batik Khas Demak  - JPNN.com Jateng
Lomba Fashion Show yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Demak dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95, Pendopo Kabupaten Demak, Kamis (14/12). Foto: Sigit AF/JPNN.com

jateng.jpnn.com, DEMAK - Puluhan model berlenggak-lenggok dengan mengenakan pakaian adat dan batik khas Demak di Pendopo Kabupaten, Kamis (14/12). 

Mereka memeriahkan Lomba Fashion Show yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Demak dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95. 

Bupati Demak Eisti'anah mengatakan lomba ini bukan hanya sekadar ajang untuk berlenggak-lenggok saja, tetapi juga jadi panggung untuk memamerkan keindahan estetika baju adat dan batik Demak

"Kami berharap selepas kegiatan ini, masyarakat dapat lebih mengenal batik khas Demak-an sekaligus menjadi sarana untuk mempromosikan batik Demak agar lebih dikenal dan diminati oleh kalangan yang lebih luas," kata Mbak Eisti, sapaan akrabnya. 

Menurut dia, pakaian adat merupakan warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan dan dikembangkan. Tidak hanya sekadar kain, tetapi pakaian adat menyimpan cerita, makna, dan identitas dari berbagai daerah. 

"Demak memiliki produk batik unggulan yang khas dengan kearifan lokal, seperti motif Jambu, Belimbing, Biota laut, Flora, Masjid Agung Demak, Pintu Bledek dan masih banyak lagi motif lainnya," katanya. 

Mengingat besarnya potensi ekonomi dari industri batik, bupati mengimbau kepada seluruh warga Demak untuk dapat mencintai budaya sendiri. 

"Semoga tidak hanya menjadi wahana apresiasi seni, tetapi juga menjadi titik awal untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan dan mempromosikan batik adat Demak," ujarnya. 

Bupati Demak Eisti'anah berharap lewat Fashion Show, pakaian adata dan Batik khas Demak dapat dikenal masyarakat luas. 
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News