Mahasiswa Se-Jawa Datangi Balai Kota Surakarta, Ajak Gibran Debat

Senin, 18 Desember 2023 – 19:41 WIB
Mahasiswa Se-Jawa Datangi Balai Kota Surakarta, Ajak Gibran Debat - JPNN.com Jateng
Para Mahasiswa saat melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Surakarta, Senin (18/12/2023). Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Puluhan mahasiswa perwakilan sejumlah kampus di Pulau Jawa melakukan aksi di depan Balai Kota Surakarta, Senin (18/12) sore. Mereka hendak mengajak debat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Aksi dimulai sekitar pukul 16.00 WIB lengkap dengan spanduk bertuliskan Evaluasi 9 tahun Rezim Jokowi dan Tahta Untuk Rakyat. Mahasiswa juga membawa jagung sebagai simbol umur demokrasi di Indonesia yang masih berusia muda. 

"Hari ini sebetulnya adalah gerakan keberlanjutan yang kami mulai di Monumen 45 Jakarta dan yang kedua Titik Nol Yogyakarta. Ini yang ketiga kami mengadakan di Solo," ungkap koordinator aksi yang juga Ketua BEM Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo Raafila Anbiya saat diwawancarai pada sela-sela aksi.

Sedikitnya ada perwakilan dari mahasiswa 7 Universitas yang mengikuti aksi tersebut, di antaranya BEM Universitas Indonesia (UI), Paramadina Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Universitas Surakarta (UNSA), Universitas Islam Negeri (UIN), Poltekkes dan Unisri Solo. 

"Ini sebetulnya keresahan di Solo yang kami wadahi bareng-bareng atas napas perjuangan yang sama. Pertama menyoal demokrasi di Indonesia, melihat kemarin putusan Mahkamah Konstitusi (MK) kami merasa dikhianati dari proses hukumnya dan ternyata melanggar etika," katanya.

Selain itu, lanjut Anbiya, aksi ini juga mengajak Gibran untuk berdebat terkait dengan putusan MKMK yang tetap dilanggar sekaligus mendengar gagasan yang ditawarkan untuk Indonesia ke depan.

"Kami sangat kecewa karena beberapa hal waktu kegiatan-kegiatan publik Mas Gibran tidak mau hadir. Kami ingin melihat gagasan Mas Gibran untuk membela negara ini," beber dia. 

Aksi dilaksanakan di bundaran Balai Kota Surakarta itu juga menyoroti kinerja Jokowi selama 9 tahun. Menurut Anbiya, dari tahun ke tahun menuju Pemilu 2024, keluarga Jokowi ingin memiliki dinasti kekuasaan.

Puluhan mahasiswa perwakilan sejumlah kampus di Pulau Jawa melakukan aksi di depan Balai Kota Surakarta, Senin (18/12) sore.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News