Alokasi Dana Tak Terduga Bencana di Batang Capai Rp 12,5 Miliar

Selasa, 19 Desember 2023 – 13:40 WIB
Alokasi Dana Tak Terduga Bencana di Batang Capai Rp 12,5 Miliar - JPNN.com Jateng
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang Ulul Azmi. (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, BATANG - Pemkab Batang menyiapkan dana tak terduga bencana Rp 12,5 miliar untuk anggaran kesiapsiagaan penanganan kebencanaan di daerah itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi pada Februari 2024 sehingga warga perlu meningkatkan kewaspadaan kerawanan bencana.

"Kami sudah membuat surat keputusan siaga bencana hingga 31 Maret 2024 dan setiap kecamatan juga sudah dibentuk posko siaga bencana," katanya, Selasa (19/12).

Menurut dia, sebagai langkah kesiapsiagaan bencana, pihaknya juga telah menyiagakan sekitar 500 sukarelawan yang akan bertugas menjaga maupun membantu warga apabila terjadi bencana saat musim hujan ini.

Sebanyak 500 sukarelawan yang berasal dari 33 organisasi kemasyarakatan tersebut, kata dia, akan dibagi beberapa sif yang masing-masing terdiri atas 5 orang bertugas menjaga di desa rawan bencana.

"Selain itu, sejak diterbitkan surat keputusan Siaga Bencana itu, di setiap kecamatan sudah didirikan posko siaga bencana dan sarana maupun prasarana," katanya.

Ulul mengatakan selama memasuki musim hujan dengan fenomena El Nino maka ada beberapa potensi bencana yang perlu diwaspadai seperti angin puting beliung, banjir, rob, hingga tanah longsor.

Fenomena El Nino, kata dia, berdasar catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) diperkirakan masih akan berlangsung hingga Februari 2024.

Pemkab Batang mengalokasikan dana tak terduga bencana Rp 12,5 miliar. Selain, sukarelawan telah disiagakan di desa rawana bencana.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News