Gelar Tes Urine, KAI Purwokerto Ingin Pastikan Seluruh Petugas Bebas Narkoba

Rabu, 20 Desember 2023 – 14:44 WIB
Gelar Tes Urine, KAI Purwokerto Ingin Pastikan Seluruh Petugas Bebas Narkoba - JPNN.com Jateng
Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Dominicus Agung Wawan Purnawan (kiri) dan Kepala BNN Kabupaten Banyumas A Widdy Harsono (dua dari kiri) memantau pelaksanaan tes urine bagi awak sarana perkeretaapian di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (20/12/2023). ANTARA/HO-KAI Purwokerto

jateng.jpnn.com, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menggelar tes urine terhadap awak sarana perkeretaapian untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba menjelang masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Sebagai wujud komitmen untuk melayani angkutan Nataru dengan selamat, aman, dan nyaman, KAI Purwokerto memastikan seluruh petugas terutama para masinis sehat dan bebas dari narkoba," kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Dominicus Agung Wawan Purnawan, Rabu (20/12).

Selain itu, kata dia, KAI Purwokerto memastikan seluruh pegawai yang berdinas dalam kondisi prima, baik secara fisik maupun mental.

Dia mengatakan salah satu langkah nyata yang dilakukan KAI Purwokerto selain rutin melakukan medical check up (MCU) setiap tahun, juga melaksanakan pemeriksaan bebas pemakaian narkoba.

Menurut dia, tes narkoba menjadi hal yang wajib dilakukan oleh KAI Purwokerto, baik dilakukan secara rutin maupun berupa tes acak.

"Kami bekerja sama dengan BNN Kabupaten Banyumas melaksanakan tes bebas narkoba untuk memastikan seluruh awak sarana perkeretaapian terbebas dan terhindar dari narkoba," katanya menegaskan.

Menurut dia, tes tersebut penting dilaksanakan oleh KAI Purwokerto untuk memastikan bahwa pegawai yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan dalam performa terbaiknya untuk melayani pelanggan, sehingga dapat memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

Selain melakukan tes bebas narkoba, KAI Purwokerto juga rutin melakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (napza) kepada seluruh petugas.

KAI Purwokerto menggelar tes urine bagi seluruh petugas di sana untuk memastikan tak ada yang memakai narkoba di lingkungan kerja setempat.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News