Puluhan Awak Bus Jalani Tes Kesehatan di Terminal Tirtonadi

Rabu, 20 Desember 2023 – 20:52 WIB
Puluhan Awak Bus Jalani Tes Kesehatan di Terminal Tirtonadi  - JPNN.com Jateng
Salah seorang sopir bus saat menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (20/12/2023). Foto: Doc. Humas Terminal Tirtonadi Solo

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah lakukan tes kesehatan terhadap puluhan awak angkutan di Terminal Tipe A Tirtonadi menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Rabu (20/12). Total ada 75 orang mengikuti tes tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar mengatakan pihaknya melakukan sampling cek kesehatan tersebut guna keselamatan pengguna transportasi umum khususnya bus.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan tekanan darah, buta warna, tes ketajaman mata, gula darah, tes narkoba, serta tes amfetamin.

"Kami juga minta sopir dan kru untuk bisa mendapatkan istirahat yang cukup, karena hal ini menjadi salah satu penyebab tekanan darah menjadi tinggi," ujarnya.

Dyah mengungkapkan bahwa tes kesehatan ini bakal dilaksanakan di seluruh wilayah Jawa Tengah (Jateng). Pihaknya akan bekerja sama dengan Puskesmas dan Rumah Sakit daerah setempat. 

Selain itu, calon penumpang juga diimbau untuk bisa melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kami harapkan masyarakat terus melaksanakan PHBS, menggunakan masker jika batuk pilek atau punya masalah dengan kesehatan respirasi," kata dia.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas Pembantu yang ada di Terminal Tirtonadi sebagai rujukan awal apabila penumpang mengalami masalah kesehatan. 

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah lakukan tes kesehatan terhadap puluhan awak angkutan di Terminal Tipe A Tirtonadi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News