Menjelang Nataru, Pemprov Jateng Cek Kesehatan Awak Angkutan Umum

Rabu, 20 Desember 2023 – 16:10 WIB
Menjelang Nataru, Pemprov Jateng Cek Kesehatan Awak Angkutan Umum - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar meninjau pemeriksaan kesehatan pada awak angkutan umum di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/12/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengecek kesehatan awak angkutan umum pada Rabu (20/12).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar mengatakan pemeriksaan kesehatan terjadap kru angkutan umum tersebut dilakukan secara sampling.

"Targetnya 75 orang. Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari tes buta warna, gula darah, tensi, dan cek urine," katanya.

Dia berharap hasilnya tidak ada awak angkutan umum yang didapati positif menggunakan narkoba atau menderita gula darah.

"Gula itu memengaruhi dia dalam menjalankan tugas. Sedangkan yang tensi tinggi kami sarankan istirahat dulu, jangan tetap melakukan aktivitas karena nanti membahayakan semua," katanya.

Dia mengatakan pada saat Natal dan tahun baru biasanya lalu lintas akan lebih padat dibandingkan biasanya, sehingga kondisinya akan melelahkan bagi para pengemudi.

Sementara itu, jika dalam tes urine tersebut didapati hasil positif, maka akan ada pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah selama satu minggu terakhir pengemudi yang bersangkutan pernah mengonsumsi obat.

"Obat itu maksudnya bukan saja narkoba, tetapi misalnya obat flu yang mengandung sesuatu yang ketika dilakukan tes urine tampaknya positif, maka harus dicek ulang dengan indikator yang spesifik," katanya.

Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengecek kesehatan awak angkutan umum pada Rabu (20/12).
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News