Malam Tahun Baru di Jawa Tengah Diprediksi Hujan Lebat Hingga Angin Kencang

Sabtu, 30 Desember 2023 – 13:48 WIB
Malam Tahun Baru di Jawa Tengah Diprediksi Hujan Lebat Hingga Angin Kencang - JPNN.com Jateng
Ilustrasi kemeriahan kembang api dalam malam pergantian tahun. FOTO: Ricardo/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi peningkatan potensi cuaca ekstrem di Jawa Tengah saat malam pergantian tahun.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengatakan sejumlah wilayah di Jawa Tengah akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Yoga menyebut kondisi itu akan memicu petir atau kilat dan angin kencang selama periode Sabtu (30/12) hingga Senin (1/1) tahun depan.

"Dinamika atmosfer dengan hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah (Laut Jawa dan Samudra Hindia, selatan Jawa, red)," kata Yoga saat menjelaskan faktor penyebab cuaca ekstrem, Sabtu (30/12).

Faktor lain yang menimbulkan hujan lebat yaitu, aktifnya gelombang atmosfer Rossby Ekuator di sekitar Pulau Jawa. Termasuk labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

"Berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," kata Yoga. 

Berikut prospek cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah tiga harian periode Sabtu (30/12) hingga Senin (1/1) tahun depan:

BMKG memprediksi akan terjadi peningkatan potensi cuaca ekstrem di Jawa Tengah saat malam pergantian tahun.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News