Musim Hujan, Pemkab Batang Meminta Petani Perhatikan Pola Tanam

Selasa, 09 Januari 2024 – 16:35 WIB
Musim Hujan, Pemkab Batang Meminta Petani Perhatikan Pola Tanam - JPNN.com Jateng
Seorang petani tengah menanam tanaman padi. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, BATANG - Memasuki musim hujan, Pemkab Batang mengingatkan para petani memperhatikan pola tanam sebagai upaya mencegah serangan hama maupun banjir yang nantinya dapat mengakibatkan gagal panen.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang Wahyu Budi Santosa mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyuluhan pada para petaniagar antisipasi kemungkinan terjadinya bencana sesuai karakteristik di wilayah masing masing.

"Para petani yang tergabung pada gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang akan melaksanakan program masa tanam pertama padi pada awal pekan Januari 2024 hingga 10 hari ke depan perlu waspada karena saat ini masih memasuki musim hujan," katanya, Selasa (9/1).

Secara teknis, kata dia, sesuai anjuran dari Pemprov Jateng, pihaknya sudah melakukan rembug tani dengan para kelompok tani untuk memperhatikan pola tanam dari berbagai ancaman seperti serangan hama dan dampak kondisi cuaca ekstrem.

"Oleh karena itu, kami mengingatkan para petani dapat mengantisipasi kondisi itu yang disesuaikan dengan karakteristik wilayahnya masing masing," katanya.

Dia mengatakan saat ini sebagian para petani yang berada di wilayah aman dari banjir seperti Kecamatan Warungasem dan Kandeman mulai melakukan penanaman padi.

“Ya, memang sudah ada yang mulai melakukan tanam padi dan beberapa daerah lainnya masih penyiapan benih tanaman," katanya.

Dia minta para petani terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelum maupun sesudah melakukan tanam padi mengingat saat ini intensitas curah hujan terkadang cukup tinggi.

Memasuki musim hujan, Pemkab Batang mengingatkan para petani memperhatikan pola tanam sebagai upaya mencegah serangan hama maupun banjir.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News