Diterjang Puting Beliung, 74 Rumah di Sapuran Wonosobo Rusak

Jumat, 12 Januari 2024 – 05:30 WIB
Diterjang Puting Beliung, 74 Rumah di Sapuran Wonosobo Rusak - JPNN.com Jateng
Beberapa orang saat memperbaiki atap rumah yang tersapu puting beliung di Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. ANTARA/HO - BPBD Wonosobo.

jateng.jpnn.com, WONOSOBO - Angin puting beliung menghantam daerah Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada Kamis (11/1).

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 74 rumah di Sapuran rusak baik ringan maupun berat.

Camat Sapuran Alfun Haka mengatakan masyarakat sekitar yang terdampak dibantu personel dari BPBD Wonosobo, TNI, Polri, serta sukarelawan bergotong-royong membersihkan material bangunan yang berserakan dan melakukan perbaikan rumah.

"Khususnya di Desa Pecekelan di Dusun Kliwonan ada 43 rumah dengan berbagai kriteria baik rusak ringan, sedang maupun berat. Kemudian di Simanis dan Kalilusi itu ada 25 rumah juga terdapat kriteria kerusakan baik ringan, sedang maupun berat," katanya.

Kemudian di Kelurahan Sapuran di Dusun Punthuksari ada enam rumah. Jadi untuk kecamatan Sapuran total ada 74 rumah, dari total tersebut delapan tumah di antaranya mengalami kerusakan berat.

Alfun menegaskan kegiatan hari ini adalah memperbaiki rumah warga yang rusak dan membersihkan material bangunan serta pohon yang tumbang. Ditargetkan perbaikan rumah selesai pada hari ini.

Kemudian, untuk bangunan rumah yang mengalami kerusakan parah pihaknya baru berkoordinasi dengan instansi terkait baik BPBD maupun Dinas Sosial Wonosobo.

Menurut dia, selain memporak-porandakan pohon dan rumah warga, musibah puting beliung juga merusak fasilitas umum seperti Puskesmas Sapuran yang saat ini sudah dilakukan perbaikan.

Sebanyak 74 rumah di Sapuran Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah rusak baik ringan maupun berat setelah tersapu puting beliung.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News