Prakiraan Cuaca Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Hujan Lebat & Angin Kencang

Sabtu, 20 Januari 2024 – 14:19 WIB
Prakiraan Cuaca Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Hujan Lebat & Angin Kencang  - JPNN.com Jateng
Ilustrasi cuaca. FOTO: Ricardo/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi prospek cuaca ekstrem terjadi di Jawa Tengah (Jateng) tiga hari ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo menjelaskan kondisi itu dipengaruhi adanya dinamika atmosfer.

"Hangatnya suhu permukaan air laut di perairan utara dan selatan pulau Jawa menandakan adanya potensi penguapan untuk pembentukan awan hujan," katanya, Sabtu (20/1).

Yoga mengatakan, Madden Julian Oscillation (MJO) berada di Kuadran 5 (Maritime Continent) turut berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

"Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jateng," ujarnya.

Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Juga dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah selama periode 20-22 Januari 2024," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi prospek cuaca ekstrem terjadi di Jawa Tengah (Jateng) tiga hari ke depan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News