Pemprov Jateng Ekspor 20 Ton Udang Beku ke Australia

Kamis, 25 Januari 2024 – 21:40 WIB
Pemprov Jateng Ekspor 20 Ton Udang Beku ke Australia - JPNN.com Jateng
Pelepasan 20 ton udang beku ke Australia di PT Gudang PT Sumber Samudera Indonesia, Semarang. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) melepas ekspor 20 ton udang beku ke Melbourne, Australia, Kamis (25/1).

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana mengatakan kekayaan sumber daya laut di Jateng cukup melimpah dan beragam.

"Ini merupakan ekspor udang beku pertama Jateng ke Australia. Ini hal baik bagi iklim ekspor-impor kita," kata Nana di Gudang PT Sumber Samudera Indonesia, Semarang.

Dia menyebut sumber daya itu positif bagi kebutuhan sumber pangan dan gizi masyarakat. Bahkan komoditi bidang perikanan dan kelautan ini masih berlebih, sehingga dapat diekspor ke pasar luar negeri.

Menurutnya, kinerja ekspor hasil perikanan dan kelautan Jateng sangat baik. Sepanjang 2023, volume ekspor hasil perikanan kelautan mencapai kurang lebih 78.800 ton dengan nilai Rp 4,32 triliun. Jumlah itu mengalami  peningkatan sekitar 23,57 persen dibandingkan 2022.

"Harapan kami ke depan ekspor dari Jawa Tengah ini akan meningkat pada 2024," kata Nana.

Pada 2023, ada 10 negara tujuan utama ekspor hasil perikanan kelautan Jawa Tengah meliputi Tiongkok, Singapura, Jepang, Malaysia, Amerika Serikat, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, Hongkong dan Thailand.

Komoditas utama yang diekspor adalah daging rajungan, cumi-cumi, udang, layur, surimi, tenggiri, gulama, kakap, dan bawal.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) melepas ekspor 20 ton udang beku ke Melbourne, Australia, Kamis (25/1).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News