FIB Udinus Semarang Menggelar T-News, Ratusan Siswa Berlomba Menjadi Penyiar 3 Bahasa Terbaik

Senin, 12 Februari 2024 – 17:44 WIB
FIB Udinus Semarang Menggelar T-News, Ratusan Siswa Berlomba Menjadi Penyiar 3 Bahasa Terbaik - JPNN.com Jateng
Sebanyak 493 siswa dari 21 SMA/SMK di Indonesia mengikuti ajang Trilingual News (T-News) yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah. Foto: Humas Udinus Semarang

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 493 siswa dari 21 SMA/SMK di Indonesia mengikuti ajang Trilingual News (T-News) yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah.

Ajang lomba yang bertema The Journalist: Leader creates Leader, Not Follower itu merupakan dedikasi Udinus Semarang untuk mencari talent penyiar berbakat dalam tiga bahasa.

Kini ajang T-News telah memasuki tahap grand final. Mereka yang masuk ke tahap ini diikuti oleh 5 SMA/SMK di Indonesia, di antaranya SMK N 1 Demak, SMA N 1 Pekalongan, SMK N 1 Semarang, SMA N 7 Semarang dan SMA N 2 Batang.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Semarang Kusni Ingsih mengucapkan selamat bertanding kepada para peserta yang mampu menembus tahap grand final.

"T-News menjadi ajang yang sangat luar biasa dalam melatih bakat dan kemampuan dalam berbahasa dari para siswa SMA/SMK," ujarnya saat pembukaan The Journalist Grand Finale T-News di Gedung E lanati 3 Udinus Semarang, Senin (12/2).

Kusni yang menyaksikan langsung lomba tersebut memuji kemampuan-kemampuan dari para siswa dalam berbahasa Jawa, Inggris dan Jepang.

“Kami melihat masa depan dari para peserta grand final akan cerah secerah hari ini dan seterang hari ini. Satu pesan untuk para siswa, kuasailah dunia dengan bahasa. Kami lihat kualitas mereka sangat luar biasa,” ujarnya.

Pada ajang kali ini, terdapat dua kategori utama yakni kategori News Content dan News Presenter. Dalam News Content, para siswa yang berjumlah lima orang, wajib membuat siaran berita dalam bentuk video dengan menggunakan bahasa yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil reportase tersebut kemudian dipresentasikan di depan para juri.

Sebanyak 493 siswa dari 21 SMA/SMK di Indonesia mengikuti ajang Trilingual News (T-News) yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News