Operasikan 27 Pompa Air, Pj Gubernur Jateng: Banjir Demak Sudah Mulai Surut

Jumat, 16 Februari 2024 – 21:10 WIB
Operasikan 27 Pompa Air, Pj Gubernur Jateng: Banjir Demak Sudah Mulai Surut - JPNN.com Jateng
Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meninjau penguatan tanggul Sungai Wulan, Karanganyar, Demak. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyebut kedalaman banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak berangsur surut.

Nana mengatakan genangan di pemukiman warga tingginya bervariasi. Mulai 10 sentimeter hingga 50 sentimeter. Hal itu terjadi lantaran dua tanggul Sungai Sriwulan yang jebol sudah teratasi.

"Kedua tanggul yang jebol sudah bisa ditutup. Awalnya sifatnya sementara, saat ini sedang dilakukan penguatan, kurang lebih dua hari lagi tanggul ini sudah kuat," kata Nana di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jumat (16/2).

Tinjauan Nana kali ini merupakan yang kedua. Sebelumnya, Nana juga datang ke lokasi banjir untuk mengecek kondisi tanggul yang jebol dan tempat pengsian warga pada Sabtu (10/2) lalu.

Pihaknya juga menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengatasi genangan di area pemukiman warga.

Setidaknya 27 pompa air telah dioperasikan. Selain dari Kementerian PUPR, juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Dalam penanganan ini, kami dibantu dari PUPR ada sekitar 22 pompa air, kemudian ditambah 5 dari BNPB dan BPBD. Kami terus melakukan langkah-langkah pemompaan air dan penyedotan air untuk dibuang ke sungai," tuturnya.

Saat ini sejumlah warga yang sebelumnya berada di pengungsian sudah kembali ke rumah masing-masing, mereka sudah mulai membersihkan sekitar huniannya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyebut kedalaman banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak berangsur surut.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News