Dua Sungai di Brebes Meluap, 30.556 Jiwa Terdampak Banjir

Selasa, 27 Februari 2024 – 15:50 WIB
Dua Sungai di Brebes Meluap, 30.556 Jiwa Terdampak Banjir - JPNN.com Jateng
Evakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Brebes. FOTO: SAR Cilacap.

jateng.jpnn.com, BREBES - Setidaknya 30.556 jiwa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), terdampak banjir luapan Sungai Pemali dan Sungai Cigunung.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng Muhammad Chomsul mengatakan banjir terjadi sejak Minggu (25/2).

Dia mengatakan banjir kali ini merupakan yang terbesar dengan luasan 23 desa dalam tujuh kecamatan. "Sebanyak 7.039 rumah terendam, jumlah yang terdampak 8.358 KK atau 30.556 jiwa," kata Chomsul saat dihubungi JPNN.com, Selasa (27/2).

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang terjadi di wilayah Brebes mengakibatkan Sungai Pemali dan Sungai Cigunung meluap dan berdampak ke pemukiman.

"Tiga titik tanggul jebol, dua diantaranya sudah ditangani sementara. Jumlah pengungsi sebanyak 934 jiwa," ujar Chomsul, menjelaskan kedalaman air bervariasi, mulai 20 sentimeter hingga 3 meter.

Wilayah yang terdampak di antaranya, Desa Glonggong, dan Desa Jagalempeni di Kecamatan Wanasari, Desa Kebandungan, dan Desa Pengarasan di Kecamatan Bantarkawung, Desa Wlahar, Kecamatan Larangan.

Lalu di Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Desa Wanacala, Kecamatan Songgom, Desa Kalimati, Desa Pemaron, dan Desa Krasak, Kecamatan Brebes, dan Kecamatan Salem.

"Satu jalan desa, tiga fasilitas pendidikan, satu rumah ibadah, satu pondok pesantren, dan 185 hektare areal persawahan terdampak banjir," ujarnya.

Setidaknya 30.556 jiwa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), terdampak banjir luapan Sungai Pemali dan Sungai Cigunung.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News