Atasi Banjir di Demak, BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Jumat, 16 Februari 2024 – 16:58 WIB
Atasi Banjir di Demak, BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca - JPNN.com Jateng
Arsip Foto. Petugas memasukkan garam ke dalam pesawat saat mempersiapkan pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).(ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww)

jateng.jpnn.com, DEMAK - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mencegah banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, makin meluas.

Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat (DSDD) BNPB Agus Riyanto menjelaskan bahwa operasi TMC dilakukan pada tanggal 15-18 Februari 2024 menggunakan pesawat cessna 208 caravan dari Lanud Ahmad Yani di Semarang.

Menurutnya, tujuan operasi ini adalah untuk mengurangi debit sungai dari wilayah hulu yang berhilir di Demak dan mencegah wilayah pengungsian warga yang terdampak banjir menjadi lebih parah.

“Kami bukan pawang hujan, tetapi kami ikhtiar dengan mencoba memindahkan potensi hujan di hulu itu keluar,” kata Agus, Jumat (16/2).

Agus menambahkan bahwa operasi TMC berhasil menghasilkan kondisi terik dan tidak turunnya hujan di Demak pada Jumat 16 Februari 2024.

"Hal ini memudahkan proses penutupan tanggul yang jebol dan penurunan ketinggian air di wilayah terdampak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Demak Suprapto menyatakan bahwa stok logistik pangan masih mencukupi untuk 3-4 hari ke depan.

Namun, kata dia, ada kekurangan pada sayur mayur yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

BNPB melakukan modifikasi cuaca untuk mengatasi banjir di Demak. Teknologi untuk mencegah banjir makin meluas.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia