Dugderan Sambut Ramadan Bakal Ada Beduk Raksasa & Gunungan Ganjel Rel

Selasa, 27 Februari 2024 – 19:55 WIB
Dugderan Sambut Ramadan Bakal Ada Beduk Raksasa & Gunungan Ganjel Rel - JPNN.com Jateng
Gelaran Dugderan menyambut bulan ramadan. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Tradisi Dugderan menyambut ramadan bakal digelar kembali di Kota Semarang. Gelaran sakral pengumunan awal puasa ramadan tersebut akan ditandai dengan pemukulan beduk raksasa dan gunungan ganjel rel.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebut prosesi Dugderan kali ini akan diselenggarakan dua hari jelang ramadan. Sebulan sebelumnya, tepatnya mulai Rabu (28/2) akan diselenggarakan Pasar Dugderan di Aloon-Aloon Semarang.

"Rencananya Pasar Dugderan akan berlangsung 28 Februari 2024 ini. Semua pihak mendapatkan lokasi yang terbaik dan strategis," kata Mbak Ita, sapaan akrabnya di Balai Kota Semarang, Selasa (27/2).

Selain itu, dalam prosesi halaqah, dia berharap bisa ditata lebih tertib dan bagus supaya Dugderan bisa menjadi tontonan tahunan yang ditunggu-tunggu masyarakat.

"Apalagi penyerahan roti ganjel rel. Saya ingin di tengah lapangan, ada beduk yang gede. Ini menunjukkan kekayaan budaya Kota Semarang yang harus dilestarikan," ujarnya.

Terlebih, kata Mbak Ita, Kampung Melayu, Kota Lama, dan Kauman sudah ditata sedemikian rupa. Tiga tempat tersebut, menurutnya, dapat mendukung Dugderan menjadi kekayaan budaya yang ditawarkan kepada wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Wing Wiyarso mengatakan Dugderan merupakan prosesi tahunan yang menjadi kearifan lokal Ibu Kota Jawa Tengah.

Dengan mengedepankan akulturasi budaya melalui Warak Ngendog, Dugderan sudah menjadi budaya masyarakat Kota Semarang saat menyambut bulan suci ramadan.

Tradisi Dugderan menyambut ramadan bakal digelar kembali di Kota Semarang. Gelaran sakral tahunan ini diprediksi akan lebih meriah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News