Dukung UMKM di Desa Winong Pati, KKN Upgris Semarang Bantu Pembuatan Logo

Selasa, 05 Maret 2024 – 22:48 WIB
Dukung UMKM di Desa Winong Pati, KKN Upgris Semarang Bantu Pembuatan Logo - JPNN.com Jateng
Penyerahan logo UMKM keripik tempe Desa Winong Pati oleh mahasiswa KKN Upgris. Foto: Dok. untuk JPNN

jateng.jpnn.com, PATI - Mahasiswa KKN Upgris Semarang Kelompok 09 mendukung UMKM keripik tempe di Desa Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dengan membuatkan logo untuk memperkuat branding usaha mereka.

Salah satu mahasiswa KKN Upgris Hasrul Fathulloh mengatakan dengan adanya globalisasi dan persaingan bisnis yang ketat, membangun identitas merek atau branding sangat diperlukan bagi UMKM.

"Identitas merek tersebut dapat membantu produk UMKM mereka agar lebih dikenal banyak masyarakat serta meningkatkan daya saing produk yang mereka tawarkan," ujarnya, Selasa (5/3).

Dia mengatakan sebelum pembuatan logo, pihaknya mengunjungi usaha keripik tempe warga Desa Winong untuk mengumpulkan informasi dan mengetahui kekurangan dari usaha mereka.

“Kami sebagai mahasiswa berinisiatif untuk membantu UMKM tersebut dengan pengetahuan desain yang kami miliki,” katanya.

Hasrul mengatakan melalui program KKN ini, pihaknya telah merancang beberapa desain logo untuk meningkatkan branding produk mereka. Mereka berdiskusi dengan pemilik usaha keripik tempe untuk menentukan desain logo yang sesuai dengan karakteristiknya.

"Setelah itu, kami melanjutkan untuk pembuatan desain logo produk, kemudian desain logo selesai, kami tunjukkan kepada pemilik UMKM untuk mendapatkan masukan dan persetujuan," ujarnya.

Setelah menerima umpan balik dari pemilik UMKM, lanjut dia, pihaknua melakukan penyempurnaan dan perbaikan pada desain logo. Dengan kolaborasi yang baik, akhirnya logo yang mewakili identitas dan nilai-nilai UMKM tersebut berhasil diselesaikan.

Pembuatan logo untuk UMKM keripik tempe di Desa Winong, Pati, yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Upgris Semarang bentuk penguatan branding produk lokal.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News