Di SDN Winong 01 Pati, KKN Upgris Semarang Kampanyekan Anti-Bullying kepada Para Siswa

Senin, 26 Februari 2024 – 21:15 WIB
Di SDN Winong 01 Pati, KKN Upgris Semarang Kampanyekan Anti-Bullying kepada Para Siswa - JPNN.com Jateng
memberikan edukasi tentang dampak negatif bullying di SD Negeri Winong 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, PATI - Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (Upgris) memberikan edukasi tentang dampak negatif bullying di SD Negeri Winong 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik agar mencegah perilaku bullying terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

“Kami sebagai mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam mensosialisasikan anti-bullying kepada anak-anak,” kata mahasiswa Upgris kelompok 09 Hasrul Fathulloh, Senin (26/2).

Hasrul mengatakan melalui program KKN tersebut untuk memberikan pemahaman agar mencegah siswa melakukan perilaku bullying di lingkungan sekolah.

"Banyaknya kasus kekerasan kepada anak yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan perlu menjadi keprihatinan semua pihak, baik peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, maupun warga satuan pendidikan," ujarnya.

Sebab, kata dia, satuan pendidikan merupakan tempat kedua bagi anak dalam menghabiskan waktunya. Oleh karena itu, satuan pendidikan harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak.

"Apapun bentuk kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan harus dapat dicegah dan ditangani dengan baik. Karena kekerasan tersebut bukan saja berdampak buruk bagi anak dalam memperoleh pendidikan yang layak, tetapi juga berdampak buruk pada mental mereka," ungkapnya.

Dari keresahan tersebut, KKN kelompok 09 Upgris merancang sebuah program tentang anti-bullying di lingkungan sekolah yang dilakukan pada Rabu (21/2).

Mahasiswa KKN Upgris Semarang memberikan edukasi tentang dampak negatif bullying di SD Negeri Winong 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News