Bullying & Kekerasan Seksual Masuk Pembahasan Musrenbang Jateng

Kamis, 22 Februari 2024 – 22:40 WIB
Bullying & Kekerasan Seksual Masuk Pembahasan Musrenbang Jateng - JPNN.com Jateng
Musrenbang Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja kompleks Gubernuran. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyebut perencanaan pembangunan harus melibatkan keterwakilan kelompok perempuan, anak, dan disabilitas.

Hal itu diungkapkannya saat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025, Kamis (22/2).

Dalam kesempatan itu, sejumlah perwakilan kelompok rentan tersebut diberikan waktu untuk memberikan pendapat dan saran dalam perencanaan pembangunan.

Pertama, tentang masih adanya penyandang disabilitas usia sekolah yang kesulitan masuk di sekolah inklusi dan kelompok disabilitas miskin yang belum terakomodir bantuan.

Kedua, tentang keterlibatan kelompok disabilitas dalam penyusunan atau pembentukan unit pelayanan disabilitas yang masih minim.

Menurutnya, selama penyandang disabilitas selalu menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Undang-undang telah menyatakan adanya persamaan hak terhadap seluruh masyarakat Indonesia, termasuk kelompok disabilitas.

"Beberapa hal sudah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat agar kelompok disabilitas mendapatkan tempat yang layak untuk menyampaikan aspirasi," kata Nana di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang.

Nana mengatakan, perhatian terhadap perempun dan anak juga diberikan perhatian cukup tinggi. "Juga bagaimana pendidikan dan ketenagakerjaan. Insyaallah ke depan akan kami perhatikan," ujar Nana.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyebut perencanaan pembangunan harus melibatkan keterwakilan kelompok perempuan, anak, dan disabilitas.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News