Tingkatkan Literasi Digital, Pelajar SD di Kadilangu Kendal Dikenalkan Aplikasi KIPIN

Kamis, 29 Februari 2024 – 21:01 WIB
Tingkatkan Literasi Digital, Pelajar SD di Kadilangu Kendal Dikenalkan Aplikasi KIPIN - JPNN.com Jateng
Mahasiswa KKN Kelompok 107 Upgris meningkatkan literasi digital kepada para siswa SDN 01 dan 02 Kadilangu Kendal melalui aplikasi KIPIN.

jateng.jpnn.com, KENDAL - Pelajar di SD N 01 dan 02 Kadilangu, Kangkung, Kendal diberi pengenalan penggunaan aplikasi KIPIN oleh mahasiswa KKN Kelompok 107 Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) pada Kamis (29/2).

Penanggung jawab program literasi digital tersebut, Muhammad Eka Firmansyah mengatakan sosialisasi diberikan khusus untuk siswa kelas 3 dan 4 dengan pendekatan yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

"Kami memulai kegiatan dengan pengantar singkat melalui PPT tentang aplikasi KIPIN, kemudian menjelaskan bahwa itu adalah alat yang akan membantu mereka dalam belajar dan menyelesaikan tugas sekolah ," ujarnya.

Dia juga memberikan penjelasan mengenai isi dari aplikasi KIPIN. Pertama, ada cerita animasi singkat yang menggambarkan penggunaan aplikasi KIPIN dalam kehidupan sehari-hari anak-anak seumur mereka.

"Cerita ini akan disesuaikan agar menarik dan mudah dipahami oleh siswa kelas tiga dan empat," katanya.

Kemudian yang kedua, lanjut dia, ada permainan interaktif. Di mana dalam permainan ini berisi tentang teka-teki atau pertanyaan seputar fitur-fitur aplikasi.

"Siswa akan diberi kesempatan untuk mencoba langsung menggunakan aplikasi dan menjawab pertanyaan," ungkapnya.

Lalu ada demo praktis tentang cara menggunakan aplikasi KIPIN. Di mana siswa akan ditunjukan langkah-langkah sederhana untuk mengakses materi pembelajaran, mengerjakan tugas, dan berinteraksi dengan guru.

Mahasiswa KKN Kelompok 107 Upgris meningkatkan literasi digital kepada para siswa SDN 01 dan 02 Kadilangu Kendal melalui aplikasi KIPIN.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News