900 Ribu Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Kalikangkung Semarang, Paling Padat di Tanggal Ini

Jumat, 22 Maret 2024 – 23:51 WIB
900 Ribu Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Kalikangkung Semarang, Paling Padat di Tanggal Ini - JPNN.com Jateng
Sebuah truk melintasi Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jumat (22/3/3024). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - PT Jasamarga Semarang-Batang memprediksi jumlah kendaraan pemudik yang keluar-masuk Gerbang Tol Kalikangkung Semarang saat arus mudik dan balik Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah mencapai 900 ribuan kendaraan.

Direktur Teknik dan Operasi PT Jasamarga Semarang-Batang Daru Satrio menyebutkan 900 ribuan kendaraan itu terbagi dua masing-masing di arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Berdasarkan penghitungan sementara, kami prediksi dari H-7 sampai H+7 Lebaran, kendaraan yang akan masuk ke Kalikangkung sekitar 463.000 unit atau naik 4,4 persen dibanding Lebaran tahun lalu," katanya, Jumat (22/3).

Untuk arus balik Lebaran, kata dia, jumlah pemudik yang keluar melalui Tol Kalikangkung diprediksi sekitar 468.000 kendaraan, atau naik 1,5 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

"Jadi, kami masih melakukan assessment dan sudah berdiskusi dengan kepolisian dan Kementerian Perhubungan," katanya.

Dia mengatakan bahwa kepadatan kendaraan pemudik diprediksi terjadi pada 6,7 dan 8 April 2024 dengan jumlah trafik tiap hari hampir sama, tetapi puncaknya 6 April 2024.

Mengantisipasi kepadatan arus mudik dan balik Lebaran 2024, kata dia, dimungkinkan akan dilakukan rekayasa lalu lintas, yakni satu jalur atau "one way" seperti dilakukan pada Lebaran 2023.

"Pada layanan lalu lintas, kami berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyiapkan beberapa skema pengaturan lalu lintas atas diskresi kepolisian, seperti nanti ada pengaturan one way," katanya.

Sebanyak 900 ribu kendaraan diprediksi keluar-masuk Tol Kalikangkung Semarang. Jumlah ini naik dibanding tahun lalu. Ini tanggal paling padat.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News