Kota Semarang Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Harganas, Jokowi Dipastikan Hadir

Jumat, 29 Maret 2024 – 12:45 WIB
Kota Semarang Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Harganas, Jokowi Dipastikan Hadir - JPNN.com Jateng
Rapat persiapan penyelenggaraan puncak peringatan Harganas ke-31 di Balai Kota Semarang, Kamis (28/3). FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) dipilih menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31. Acara tahunan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rencananya sesuai jadwal, pelaksanaan Harganas 2024 akan diselenggarakan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang pada Juni 2024.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Nopian Andusti menyebut Kota Semarang dipilih karena memenuhi dua pertimbangan penting, yaitu Indeks Pembangunan Keluarga dengan tolak ukur ketenteraman, kebahagiaan, dan kemandirian masyarakatnya.

"Jadi kota Semarang ini sudah hampir 65,95 persen indeksnya dari skala 1-100. Sedangkan Nasional baru di angka 56 persen. Ini jauh lebih tinggi dari angka Nasional," katanya di Balai Kota Semarang, Kamis (28/3).

Selain itu, Pemkot Semarang berhasil menekan angka prevalensi stunting turun di angka 10,40 persen pada 2022. Angka di bawah target standar nasional 14 persen ini berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

"Ini apresiasi dan penghargaan pemerintah pusat kepada Kota Semarang yang sudah menorehkan prestasi luar biasa, bukan hanya dari sisi penurunan stuntingnya tapi juga mewujudkan kota yang tentram, bahagia dan mandiri," kata Nopian.

Dengan dipilihnya Kota Semarang sebagai tuan rumah, Nopian berharap segala kesiapan baik dalam sarana prasarana serta infrastruktur bisa terpenuhi. Termasuk kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, akan bergerak cepat mempersiapkan agenda nasional tersebut. Harganas ke 31 itu, kata dia, merupakan acara nasional kedua setelah Hari Anak Nasional dari Kementrian PPPA tahun lalu.

Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) dipilih menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News