Pusat AI Nasional Akan Segera Dibangun di Solo, Dana Rp 3 Triliun Disiapkan

Kamis, 04 April 2024 – 19:50 WIB
Pusat AI Nasional Akan Segera Dibangun di Solo, Dana Rp 3 Triliun Disiapkan - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai mengenai rencana pembangunan AI di Solo Technopark. Foto: Romensy Augistino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Pembangunan pusat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Solo Technopark akan dilakukan akhir tahun ini. Dana sebesar Rp 3 triliun disiapkan untuk merealisasikan wacana tersebut.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyebut bahwa proyek tersebut adalah investasi dari kerja sama Indosat Ooredoo Hutchison dan salah satu perusahaan tekhnologi asal Amerika Serikat, yakni Nvidia.

Pertemuan dengan Dubes India Shri Sandeep Chakravorty di Balai Kota Surakarta beberapa waktu lalu salah satunya terkait investasi tersebut.

"Ada investasi kerja sama antara Indosat dengan Nvidia dr Amerika. Nanti ditunggu saja kelanjutan seperti apa. Yang jelas Solo Technopark sudah ditunjuk sebagai tempat dan itu investasi besar banget,” katanya di Pasar Legi Solo, Kamis (4/4).

Total investasi dari kedua perusahaan tersebut senilai USD 200 juta atau setara dengan Rp 3 triliun. Anggaran tersebut, lanjut Gibran, tidak hanya diperuntukkan di kota Solo meski inisiasi atau pembangunan terdapat di Kota ini.

“Tidak cuma di Solo, hanya inisiasinya di Solo. Itu nanti makanya kemarin ketemu Pak Dubes membicarakan potensi-potensi itu. Ya, itu salah satunya. Dan alhamdulillah sudah dapat kejelasan (lokasi),” ungkapnya.

Disinggung mengenai pemilihan Solo sebagai lokasi investasi dibanding kota lainnya, Gibran menyebut Solo Technopark paling siap dibanding di kota lain.

“Karena technopark-nya Solo paling siap, semua kota punya technopark, dan Solo Technopark kami yang paling produktif dan memang dari awal saya menjawab ada peluncuran 5G di Solo. Nah itu bosnya sama, Indosat, atas kepercayaan itu kami dipilih kembali,” bebernya.

Pembangunan pusat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Solo Technopark akan dilakukan akhir tahun ini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News