Menjelang Lebaran, Mbak Ita Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Semarang Relatif Aman

Sabtu, 06 April 2024 – 00:45 WIB
Menjelang Lebaran, Mbak Ita Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Semarang Relatif Aman - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat melakukan pantauan harga kebutuhan masyarakat di beberapa pasar modern dan pasar tradisional. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran 2024 relatif masih aman.

Hal itu diungkapkan Mbak Ita, sapaan akrabnya, seusai melakukan pantauan harga kebutuhan masyarakat di beberapa pasar modern dan pasar tradisional, Jumat (5/4).

Tinjauan tersebut di dua lokasi, yakni Pasar Gayamsari dan Lotte Mart. Stok beras medium masih tersedia dengan kisaran harga Rp 14.300 dan Rp 15.500 beras premium. Kemudian telur ayam juga masih tersedia aman, dengab harga berkisar antara Rp 25 ribu sampai Rp 26 ribu per kilogram.

"Stok masih terpenuhi. Namun, harga daging naik berkisar antara Rp 10 ribu per kilogram. Kalau di sini lebih murah dari pasar, karena memang daging beku. Mungkin stok dari rumah pemotongan hewan (RPH) yang fresh," ujarnya.

Selain daging, ada beberapa komoditas yang harganya masih naik, yakni bawang putih dan bawang merah. Kenaikan ini bisa saja dipicu karena permintaan yang banyak saat Lebaran.

"Yang kerap dicari saat Lebaran yaitu bawang merah, bawang putih, dan daging. Untuk cabai relatif turun harganya, karena ada panen raya. Beras juga murah karena import sudah mulai masuk, panen juga sudah mulai sehingga stok banyak. Ini (yang naik-red) cuma bawang merah, bawang putih, sama daging," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya berpesan kepada pedagang-pedagang untuk tidak menjadikan Lebaran sebagai momen untuk menaikkan harga beberapa komoditas pangan. Dia berharap pedagang bisa menjual dagangannya dengan harga yang sesuai.

"Kami mengimbau jangan menaikkan, istilahnya mremo. Karena kondisi seperti ini, kami harap bisa menyadari dan memberikan harga sesuai saja," ujarnya. (mcr5/jpnn)

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran 2024 relatif masih aman.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News