Pasca-kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah, Polda Jateng: Pilih Armada Fit & Sopir Bugar

Jumat, 12 April 2024 – 17:10 WIB
Pasca-kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah, Polda Jateng: Pilih Armada Fit & Sopir Bugar - JPNN.com Jateng
Sejumlah bus sebagai angkutan Lebaran. FOTO: Ricardo/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) menyoroti armada biro perjalanan yang melayani mudik-balik Lebaran 2024. Masyarakat diminta lebih selektif saat hendak memilihnya.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jateng, Komisaris Besar (Kombes) Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, selain armada, sopir tak boleh mengemudi terlalu lama.

"Pilih kendaraan yang fit dan sopir yang bugar untuk menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan," kata Kombes Satake, Jumat (12/4).

Hal itu penting diperhatikan oleh biro perjalanan maupun penumpang. Pasalnya, seperti kecelakaan maut PO Bus Rosalia Indah di Tol Semarang-Batang disebabkan pengemudi mengantuk atau mengalami microsleep.

"Ingatkan sopir untuk istirahat setelah empat jam berkendara. Silakan gunakan pos polisi yang tersebar sepanjang jalur untuk beristirahat sejenak bila lelah," ujarnya.

Sementara bagi masyarakat yang masih memanfaatkan waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata, pihaknya menyebut keamanan dan keselamatan tetap menjadi prioritas.

"Tetap patuhi imbauan dan arahan petugas di lapangan, prinsip kami keamanan dan keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas selain kelancaran dan ketertiban berlalu lintas," ujarnya.(mcr5/jpnn)

Polda Jateng minta masyarakat pilih armada fit & sopir bugar pasca-kecelakaan maut Bus Rosalia Indah.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News