20 Bencana dengan Kerugian Rp 80 Juta Melanda Jateng Selama Posko Lebaran

Minggu, 14 April 2024 – 10:26 WIB
20 Bencana dengan Kerugian Rp 80 Juta Melanda Jateng Selama Posko Lebaran - JPNN.com Jateng
Banjir rob melanda Kota Semarang, Jawa Tengah. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mencatat sebanyak 20 kejadian bencana alam terjadi selama pemberlakuan posko Lebaran 2024.

Data sementara menyebutkan dua banjir rob, 11 tanah longsor, dan tujuh bencana alam lainnya dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp 80 juta. Puluhan kejadian itu tercatat hingga 12 April 2024.

Dalam sepekan ke depan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mengimbau masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap prakiraan cuaca tersebut.

"Sesuai informasi BMKG, dalam satu minggu ke depan ini curah hujan masih akan turun dari sedang sampai tinggi," kata Nana, Sabtu (14/4).

Berdasarkan informasi tersebut, Pemprov Jateng sudah melakukan antisipasi-astisipasi. Seluruh peralatan yang dimiliki juga disiagakan agar dapat cepat digunakan saat kondisi mendesak.

Menurutnya, koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BMKG, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di seluruh Jateng terus dilakukan.

"Misalnya ada peningkatan curah hujan atau cuaca ekstrem, kami akan segera memohon bantuan untuk rekayasa atau modifikasi cuaca," katanya.(mcr5/jpnn)

Selama posko Lebaran di Jateng berlangsung tercatat terjadi 20 bencana dengan kerugian Rp 80 juta.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News