470 Warga Semarang Naik Kapal Perang Gratis Kembali ke Jakarta, TNI AL: Tahun Depan Ada Lagi

Minggu, 14 April 2024 – 17:14 WIB
470 Warga Semarang Naik Kapal Perang Gratis Kembali ke Jakarta, TNI AL: Tahun Depan Ada Lagi - JPNN.com Jateng
Pemilir yang hendak kembali ke Jakarta naik KRI Banda Aceh 593 dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 470 pemilir dan 116 sepeda motor kembali ke Jakarta diangkut Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh dari Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, Minggu (14/4).

Kapal perang dengan nomor lambung 593 tersebut sebelumnya berangkat dari Surabaya dengan mengangkut pemilir sebanyak 329 orang dan 58 kendaraan roda dua.

"Dari Semarang menuju Jakarta jumlahnya ada 470 orang, untuk sepeda motor ada 116, sementara totalnya ada 799, dan sepeda motor 174," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto.

Sebelum melepas keberangkatan, Kolonel Andri melakukan pengecekan kapal dan menyapa para pemilir. Rata-rata, kata dia, para pemilir merasakan kenyamanan sejak mudik hingga kembali ke Jakarta.

"Saya bersama stakeholder kemaritiman bertemu dengan penumpang, mereka mengaku nyaman, dan aman selama mengikuti mudik dan balik gratis yang diselenggarakan TNI Angkatan Laut," katanya.

Dia menyebut kapasitas KRI Banda Aceh 593 dapat mengangkut sebanyak 1.000 orang. Namun, dalam arus milir Lebaran 2024 ini, jumlah keseluruhan hanya mencapai 794 orang.

"Kemarin saat mudik jauh lebih banyak, tetapi kembalinya mungkin karena ingin lama di kampung halamannya juga jadi faktor sedikit berkurang," katanya.

Pada tahun ketiga ini, dia mengatakan TNI Angkatan Laut menyediakan mudik gratis menggunakan kapal perang sebagai upaya meminimalisir fatalitas kecelakaan pemudik di jalan raya.

Sebanyak 470 warga Semarang naik kapal perang kembali ke Jakarta, TNI AL akan gelar tahun depan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News