Makhluk Besar Tertangkap Kamera Melintasi Tol, Mahfud Menyebut Namanya Codet

Kamis, 17 Februari 2022 – 02:00 WIB
Makhluk Besar Tertangkap Kamera Melintasi Tol, Mahfud Menyebut Namanya Codet - JPNN.com Jateng
Codet saat berupaya menyeberangi Jalan Tol Pekanbaru Dumai. (ANTARA/tangkapan layar)

jateng.jpnn.com, PEKANBARU - Masyarakat dihebohkan dengan penampakan makhluk besar di Tol Pekanbaru-Dumai Kilometer 73. Makhluk itu adalah seekor gajah Sumatra (Elephas maximus sumatrensis) berjenis kelamin jantan.

Mamalia terbesar di darat itu melintas di tol dan tertangkap kamera pengawas pada Senin (14/2).

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau M Mahfud mengatakan bahwa gajah jantan yang tertangkap kamera pengawas itu bernama Codet.

Hewan itu, kata dia, merupakan bagian Konservasi Kantong Gajah di Balai Raja. Codet melintas dari arah Giam Siak Kecil menuju Balai raja.

"Codet ini soliter, hidup sendiri dan tak ada temannya. Jadi dia ke Giam Siak Kecil untuk mencari teman bermain dan betina untuk dikawini," kata Mahfud di Pekanbaru, Rabu (16/2).

Berdasarkan pantauan GPS collar, dia sering bolak-balik ke Balai Raja ke Giam Siak Kecil dan menghabiskan waktu di sana selama tiga bulan.

Mahfud melanjutkan alasan Codet tak melintas melalui underpass atau terowongan sebab di malam sebelumnya hujan cukup deras dan jalan yang biasa dilintasi digenangi air.

"Karena di sana ada aliran sungai kecil sehingga saat hujan deras terowongan tergenangi air dan Codet tak bisa lewat," sebutnya.

Masyarakat mendadak dihebohkan dengan penampakan makhluk besar di Tol Pekanbaru-Dumai. Makhluk itu memiliki nama Codet.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News