Komitmen Udinus Semarang Dalami Teknologi Komputasi Kuantum

Senin, 03 Juni 2024 – 08:10 WIB
Komitmen Udinus Semarang Dalami Teknologi Komputasi Kuantum - JPNN.com Jateng
Seminar Indonesian Quantum Technology Initiative (IQTI) #2 pada 30-31 Mei 2024 di Aula Theatre Udinus Semarang. Foto: Humas Udinus

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berkomitmen mendalami teknologi komputasi kuantum yang merupakan ilmu tergolong baru di Indonesia.

Pendalaman tentang ilmu tersebut itu dituangkan dalam seminar bernama Indonesian Quantum Technology Initiative (IQTI) #2 pada 30-31 Mei 2024.

Seminar yang diinisiasi oleh Research Center for Materials Informatics Udinus itu, mengajak para dosen dan mahasiswa Program Pascasarjana Ilmu Komputer untuk membedah mengenai bidang Komputasi Kuantum.

Berlokasi di ruang Aula Teater gedung I lantai 6 Udinus, mereka membedah penjelasan mendalam mengenai Komputasi Kuantum, perkembangan, fungsi hingga penerapannya. Saat ini, metode itu mampu memecahkan masalah kompleks lebih cepat daripada komputer klasik.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus Supriadi Rustad mengatakan bahwa Komputasi Kuantum merupakan hal baru. Pada dasarnya, metode ini terdiri dari aspek ilmu komputer, fisika, dan matematika yang memanfaatkan mekanika kuantum.

Tentang materi mengenai Komputasi Kuantum telah diuji coba pada perkuliahan reguler di Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus selama satu semester.

“Dengan pertumbuhan yang sangat cepat, Komputasi Kuantum dapat digunakan untuk memecahkan masalah optimasi dengan lebih baik,” ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima JPNN.com, Senin (3/6).

Penelitian tentang Komputasi Kuantum, kata dia, mencakup pada pengembangan aplikasi dan perangkat keras. Hal itu dikarenakan Komputer Kuantum memanfaatkan fenomena superposisi dan interferensi kuantum.

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berkomitmen mendalami teknologi komputasi kuantum yang merupakan ilmu tergolong baru di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News