Grebeg Besar Demak Catatkan 2 Rekor MURI Sekaligus

Selasa, 18 Juni 2024 – 13:32 WIB
Grebeg Besar Demak Catatkan 2 Rekor MURI Sekaligus  - JPNN.com Jateng
Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mencatatkan dua rekor MURI dalam acara Grebeg Besar yang digelar saat Iduladha 2024. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, DEMAK - Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mencatatkan dua rekor MURI dalam acara Grebeg Besar yang digelar saat Iduladha 2024. Dua Rekor MURI tersebut, yakni Arak-arak Gunungan Hasil Bumi dengan Jumlah Terbanyak dan Ancakan dengan Sajian Terbanyak.

Event Grebeg Besar di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada tahun ini, tidak hanya digelar lebih meriah, tetapi juga dapat mencatatkan rekor MURI sekaligus.

Tradisi Ancakan sendiri digelar di Pendopo Notobratan Kasepuhan Kadilangu, Demak, Minggu (16) malam. Kedatangan Bupati Demak Eisti'anah bersama suami, disambut hangat oleh Sesepuh Kadilangu Raden Muhammad Cahyo Imam Santoso.

Rombongan bupati disambut dengan pertunjukkan gerak rampak tegas dari kelompok Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Demak. Para pesilat memainkan golok dan tongkat dengan lihai. Ada juga yang menunjukkan kebolehan kekuatannya dengan memecahkan tiga batu bata yang terbakar api.

Panitia kemudian menata ancakan sebanyak 521 sajian di atas telasar. Menu ancakan terdiri dari nasi, sayur urap, ikan asin, dan daging, yang dibungkus dengan daun jati. Untuk piringnya, panitia menggunakan potongan bambu yang dibentuk persegi empat.

Setelah Sesepuh Kadilangu memanjatkan doa, dilanjutkan pukulan gong oleh bupati, warga langsung menyerbu ancakan yang sudah tergelar. Sajian ancakan ini, dipercaya akan membawa berkah bagi yang mendapatkannya.

Mulyadi (50), warga Demak, mengaku akan akan mengeringkan nasi ancakan yang didapat, lalu mencampurkannya dengan beras. Dia percaya dengan begitu, seluruh keluarganya akan mendapatkan berkah dari Kanjeng Sunan Kalijaga.

"Katanya orang tua dulu, kalau punya usaha bisa lancar," katanya.

Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mencatatkan dua rekor MURI dalam acara Grebeg Besar yang digelar saat Iduladha 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia