Pelatihan UMKM, Bupati Demak Dorong Desa-Desa Punya Produk Unggulan

Jumat, 21 Juni 2024 – 07:03 WIB
Pelatihan UMKM, Bupati Demak Dorong Desa-Desa Punya Produk Unggulan - JPNN.com Jateng
Bupati Demak Eisti’anah saat membuka Acara Pelatihan UMKM di Aula Kecamatan Mijen, Kamis (20/6). Foto: Dokumen untuk JPNN

jateng.jpnn.com, DEMAK - Bupati Demak Eisti’anah mendorong setiap desa untuk mempunyai satu produk unggulan. Menurutnya, hal tersebut akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi potensi lokal di Kabupaten Demak.

"Program satu desa satu produk merupakan salah satu program unggulan kami. Kami gerakkan di semua kecamatan," ujarnya seusai menghadiri Acara Pelatihan UMKM di Aula Kecamatan Mijen, Kamis (20/6).

Saat ini, Pemkab Demak sedang menggencarkan pelatihan UMKM di setiap kecamatan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan terkait.

Untuk di Mijen misalnya, pelatihan UMKM bekerjasama dengan PT. Sriboga Flour Mill Semarang di mana peserta dilatih dalam pembuatan roti.

"Kalau di Wedung yang merupakan daerah pesisir, kami fokuskan untuk mengangkat produk-produk hasil laut," kata bupati.

Dia menekankan pentingnya keterampilan dan pengetahuan bagi pelaku UMKM di bidang makanan agar mampu bersaing di pasar yang makin kompetitif. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas pelaku UMKM bidang kuliner, khususnya di Kecamatan Mijen.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya. Selama pelatihan, peserta mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan tentang dunia wirausaha. Semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat menjadi bekal dalam memulai dan mengembangkan usaha,” ujarnya.

Senada, Camat Mijen Purkanto, menyampaikan wilayahnya memiliki banyak pelaku UMKM di bidang makanan ringan seperti bawang goreng, keripik, peyek, dan intip. Namun, pemasaran produk-produk ini masih perlu ditingkatkan agar bisa dikenal lebih luas.

Bupati Demak Eisti’anah mendorong setiap desa untuk mempunyai satu produk unggulan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia