Hendrar Prihadi Bicara UMKM Naik Kelas di Hadapan Ratusan Mahasiswa UPGRIS

Senin, 24 Juni 2024 – 15:17 WIB
Hendrar Prihadi Bicara UMKM Naik Kelas di Hadapan Ratusan Mahasiswa UPGRIS - JPNN.com Jateng
Kepala LKPP Hendrar Prihadi menjadi pembicara dalam seminar nasional di UPGRIS. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Strategi pemerintah meningkatkan daya saing dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM terus dilakukan. Agar UMKM naik kelas adalah melalui pemasaran digital.

Dalam hal ini, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP menawarkan sebuah kanal pemasaran untuk produk UMKM di e-Katalog.

Strategi khusus bagi kemajuan UMKM itu diwujudkan melalui seminar nasional yang diselenggarakan di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Dalam seminar itu diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kepala LKPP Hendrar Prihadi mengatakan peluang itu bisa dimanfaatkan bagi para pelaku UMKM di Indonesia, khususnya Jawa Tengah (Jateng).

Namun demikian, menurutnya upaya untuk mengajak dan menggiring pelaku UMKM memanfaatkan e-Katalog tak mudah. Ada tiga hal yang membuat pelaku UMKM sulit beralih ke dunia digital.

"Tidak mau, tidak tahu, dan tidak mampu," kata Hendi, sapaan akrabnya pria itu seusai mengisi seminar nasional di UPGRIS, Senin (24/6).

Kendati begitu, makin kesini, Hendi menyebut para pelaku UMKM mulai menunjukkan eksistensinya dalam dunia digital. Kanal e-Katalog sekarang ini mulai dibanjiri produk-produk UMKM.

"Hanya disinformasi saja bahwa teman-teman pengusaha atau UMKM pada saat mereka mendapatkan informasi terkait pengembangan usahanya pasti akan senang sekali," ujarnya.

Di hadapan mahasiswa UPGRIS, Hendrar Prihadi Bicara UMKM Naik Kelas
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News