Bertemu Menko PMK Muhadjir, Mbak Ita Beberkan Strategi Kota Semarang Bebas Kemiskinan Ekstrem

Sabtu, 29 Juni 2024 – 19:23 WIB
Bertemu Menko PMK Muhadjir, Mbak Ita Beberkan Strategi Kota Semarang Bebas Kemiskinan Ekstrem - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkap penanganan kemiskinan ekstrem berkelanjutan menjadi fokus perhatian yang harus dituntaskan.

Dalam serangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara, perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut menuturkan wilayah pesisir itu berpenduduk masyarakat menengah ke bawah.

Dia mengatakan wilayah yang dekat dengan pelabuhan, stasiun dan kawasan wisata itu menjadi fokus perhatiannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Meski wilayah yang menjadi pusat ekonomi itu sering terjadi rob, Mbak Ita menyatakan upaya dan atensi yang dilakukan pemerintah telah membuat kondisi ekonomi di wilayah tersebut makin tertata.

Ditambah lagi adanya pembangunan sheet pile atau tanggul laut sepanjang 3,6 kilometer dengan daya tahan rob 30 tahun ke depan. Termasuk proyeksi Kampung Nelayan Tambaklorok menjadi wisata bahari yang diharapkan membangkitkan ekonomi masyarakat pesisir.

Upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di Ibu Kota Jawa Tengah itu menjadi perhatian, ketika Presiden Joko Widodo meninjau langsung proyek pembangunan tanggul laut yang akan selesai Agustus 2024 ini.

"Pada Agustus akan selesai, diharapkan di daerah Tanjung Mas, khususnya Tambaklorok akan mengurangi rob dan banjir sehingga ini salah satu solusi masyarakat disana lebih sejahtera," ujarnya.

Mbak Ita juga memastikan bantuan sosial dari program pemerintah bagi warga pesisir selalu tepat sasaran. Meski kemiskinan ekstrem Kota Semarang telah 0 persen, dia menyebut pentingnya atensi dari pemerintah pusat terkait rumah layak huni bagi warga.

Mbak Ita beberkan strategi Kota Semarang bebas dari kemiskinan ekstrem saat bertemu Menko PMK Muhadjir.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News