Ribuan Peserta Mengikuti Perhelatan Utsawa Dharmagita Nasional XV di Surakarta

Selasa, 09 Juli 2024 – 08:50 WIB
Ribuan Peserta Mengikuti Perhelatan Utsawa Dharmagita Nasional XV di Surakarta - JPNN.com Jateng
Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024 sudah digelar di Pura Mangkunegaran Surakarta, Senin (8/7). Foto: Humas Ditjen Bimas Hindu

jateng.jpnn.com, SOLO - Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024 sudah digelar di Pura Mangkunegaran Surakarta, Senin (8/7). Acara itu diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh provinsi.

Total ada sebanyak 1.561 orang yang terdiri dari 1.324 peserta dan 237 official mengikuti perhelatan tingkat nasional yang digelar oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) Kementerian Agama (Kemenag) itu.

“Ajang Utsawa Dharmagita (UDG) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran kitab suci Weda beserta susastra Hindu dalam upaya memperkokoh karakter bangsa,” ujar Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof. Duija saat konferensi pers UDG XV di Surakarta, Senin (8/7) malam.

UDG juga digelar untuk memperkuat sikap moderasi beragama dan meningkatkan kerukunan umat beragama dan meningkatkan kajian kitab suci Veda dan Susastra Veda dalam mendukung pembangunan literasi bangsa.

Tahun ini, kata dia, ajang Utsawa Dharmagita mengusung tema Dharmagita dari Paramaçastra menuju Paramatattva yang memiliki arti dari seni sastra menuju kebenaran substantif’.

“Tema ini merepresentasikan eksistensi seni sastra yang kian penting untuk dilestarikan sekaligus sebagai landasan filosofis kebenaran,” jelas Prof. Duija.

Dharmag?ta sendiri adalah seni melafalkan kitab-kitab suci weda. Nilai-nilai ajaran agama Hindu yang adiluhur tersirat di dalam Kitab Suci dan kitab-kitab susastra Hindu, baik yang berbahasa Sansekerta, Jawa Kuno maupun yang berbahasa daerah.

Menurut Prof. Duija, sastra Hindu tersebut perlu digali dan diaktualisasikan melalui seni keagamaan agar memudahkan pemahaman dan penghayatannya. Seni dimaksud adalah Dharmag?ta.

Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024 sudah digelar di Pura Mangkunegaran Surakarta, Senin (8/7).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia