KAI Daop 6 Menutup Sejumlah Perlintasan Sebidang di Yogyakarta & Solo Raya

Kamis, 01 Agustus 2024 – 16:12 WIB
KAI Daop 6 Menutup Sejumlah Perlintasan Sebidang di Yogyakarta & Solo Raya - JPNN.com Jateng
KAI Daop 6 Yogyakarta bakal menutup 6 perlintasan sebidang di Yogyakarta dan Solo Raya. Foto: Humas KAI Daop 6 Yogyakarta.

jateng.jpnn.com, SOLO - KAI Daop 6 Yogyakarta bakal menutup 6 perlintasan sebidang di Yogyakarta dan Solo Raya. Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan keselamatan di lokasi perlintasan sebidang.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengungkapkan bahwa dalam kurun 2 tahun (2022-Juni 2024), di wilayahnya telah terjadi 34 kecelakaan di perlintasan sebidang jalur kereta api.

Total ada 17 orang dalam kecelakaan itu. Perinciannya 7 orang meninggal dunia, 5 korban luka berat, dan 5 korban luka ringan.

"Keberadaan perlintasan sebidang di sebagian tempat melewati pemukiman warga dan daerah industri, sehingga rawan terjadi kecelakaan temperan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (1/8).

Daop 6 mencatat hingga saat ini terdapat 301 titik perlintasan sebidang yang terdiri dari titik perlintasan terjaga sebanyak 138 (46%) dan titik perlintasan yang tidak terjaga sebanyak 163 (54%).

Banyaknya jumlah perlintasan yang tidak terjaga membuat pihak Daop 6 harus menutup sejumlah perlintasan sebidang.

"Daop 6 Yogyakarta terus berupaya menutup perlintasan sebidang yang tidak memenuhi regulasi. Pasalnya, perlintasan sebidang menjadi salah satu titik rawan terjadi kecelakaan lalu lintas," ujar Krisbiyantoro.

Adapun 6 titik perlintasan sebidang yang akan ditutup, yakni di wilayah Temon Wetan dan Pakualaman (Kulonprogo), Argosari (Bantul), Keblokan (Wonogiri), Craken serta Keten (Sragen).

KAI Daop 6 Yogyakarta bakal menutup 6 perlintasan sebidang di Yogyakarta dan Solo Raya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News