Pembekalan Mahasiswa KKN UPGRIS, Ada Materi Pemberdayaan Masyarakat & Bela Negara

Kamis, 01 Agustus 2024 – 17:08 WIB
Pembekalan Mahasiswa KKN UPGRIS, Ada Materi Pemberdayaan Masyarakat & Bela Negara - JPNN.com Jateng
Rektor UPGRIS Sri Suciati ketika menyerahkan materi pembekalan mahasiswa KKN. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) membekali mahasiswa yang akan terjun dalam kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Setidaknya 94 mahasiswa lintas fakultas mengikuti pembekalan selama dua hari. Selain tentang pemberdayaan masyarakat, TNI juga dilibatkan dalam memberikan materi bela negara.

"Kami membekali mahasiswa peserta KKN secara matang dan maksimal. Diharapkan mereka bisa berpartisipasi dalam pembangunan," kata Rektor UPGRIS Sri Suciati seusai memberikan arahan kepada mahasiswa di kampus tersebut, Kamis (1/8).

Dia menekankan kehadiran Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 yang menuntut perguruan tinggi terus beradaptasi.

"Peraturan menteri tentang penjaminan mutu ini diatur berbagai hal termasuk pemantauan dan evaluasi mutu pendidikan," katanya.

Sementara itu, Ketua KKN Arisul Ulumuddin menyebut tahapan KKN akan melatih mahasiswa belajar membantu memberdayakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan seni.

"Pelaksanaan KKN dilangsungkan selama 2-3 bulan, mahasiswa ditempatkan di Kabupaten Pati dan Kabupaten Semarang. Sebelumnya, mereka mengikuti pembekalan selama dua hari," ujarnya.

Adapun pada pembekalan tersebut, mahasiswa diberikan ragam materi dan pengetahuan. Di antaranya menyangkut literasi digital dalam pemberdayaan, peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat, filosofi KKN, teknik dan etika pelaksanaan KKN.

UPGRIS beri pembekalan mahasiswa yang akan terjun KKN dengan materi pemberdayaan masyarakat & bela begara.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News