Jokowi Meresmikan Pabrik Anoda Baterai Litium di Kendal, Serap 1,8 Ribu Tenaga Kerja

Rabu, 07 Agustus 2024 – 16:07 WIB
Jokowi Meresmikan Pabrik Anoda Baterai Litium di Kendal, Serap 1,8 Ribu Tenaga Kerja - JPNN.com Jateng
Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik anoda PT Indonesia BTR New Energi Materials di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (7/8). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, KENDAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik anoda PT Indonesia BTR New Energi Materials di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (7/8).

Perusahaan asal China itu akan menginvestasikan dananya sebesar Rp 3,2 triliun di KEK Kendal. Hingga triwulan II 2024, sudah terealisasi Rp 608,5 miliar.

Kapasitas produksi anoda per tahun bisa mencapai 80 ribu ton, dengan penyerapan tenaga kerja lokal sebanyak 1.800 orang pada saat beroperasi.

Jokowi Presiden turut memuji kecepatan pembangunan pabrik tersebut, yang hanya memakan waktu 10 bulan sejak penandatanganan di Beijing.

Pabrik ini juga diharapkan mampu memproduksi 80 ribu ton material anoda per tahun pada tahap berikutnya, yang setara dengan 1,5 juta mobil listrik.

"Sangat besar sekali, apalagi kalau ditambah dengan 80 ribu ton produksi di industri ini, berarti akan menjadi 3 juta mobil listrik per tahunnya, sebuah jumlah yang sangat besar, sehingga kita akan menjadi pemasok terbesar baik EV (electric vehicle) baterai maupun kendaraan listriknya," kata Jokowi.

Jokowi menyebut pemerintah berkomitmen membangun ekosistem kendaraan listrik yang kuat dan terintegrasi, dengan memanfaatkan sumber daya lokal seperti nikel, kobalt, dan mangan.

Upaya ini diharapkan memperkuat posisi Indonesia dalam pasar baterai litium dan kendaraan listrik global.

Pabrik Anoda Baterai Lithium di Kendal yang diresmikan Jokowi serap 1,8 ribu tenaga kerja.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News