Seusai Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Sudah Bisa Dilalui

Jumat, 20 September 2024 – 08:15 WIB
Seusai Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Sudah Bisa Dilalui  - JPNN.com Jateng
Jokowi saat tiba di Jalan Tol Solo-Yogya, Kamis (19/9/2024. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Proyek pembangunan jalan Tol Solo-Yogyakarta fase 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km mulai bisa digunakan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan penggunaan jalan bebas hambatan itu pada Kamis (19/9).

“Alhamdulillah hari ini jalan tol ruas Solo-Yogyakarta Kulon Progo sesi 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km sudah selesai dan siap dioperasikan. Langsung bisa dipakai dan langsung bisa digunakan dan gratis,” ujar Jokowi saat meresmikan pembukaan jalan tol.

Proses pembangunan jalan Tol Solo-Yogyakarta telah dimulai sejak 2021 dan menelan biaya sekitar Rp 5,6 Triliun. Sebelum dibuka untuk umum, pihak pengelola telah melakukan serangkaian uji coba pada 11-13 September 2024.

Menurut Jokowi, dengan dibukanya jalan tol ini otomatis akan meningkatkan konektivitas dan aksestabilitas sekaligus meningkatkan efisiensi waktu dari Kota Solo menuju Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Pembangunan jalan tol dimulai sejak 2021 dan selesai di 2024 dengan menelan anggaran biaya Rp 5,6 triliun. Ini akan meningkatkan konektivitas dan akses stabilitas dari Solo Jawa Tengah menuju Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta akan mengefisienkan waktu,” beber dia.

Nantinya jalan tol Solo-Yogyakarta akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Tol Semarang-Solo, sehingga membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi di Kawasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Jalan tol ini nantinya memiliki total panjang mencapai 96,57 km yang membentang di jalur lintas selatan ini. 

Di samping itu, Tol Solo-Yogyakarta juga akan terhubung hingga Bandara YIA Kulonprogo. Ruas tol ini terdiri dari 3 seksi, yakni Seksi 1 Solo-Klaten-Purwomartani (42,3 km). Kemudian, Seksi 2 Purwomartani-Monjali-Sleman (16 km), dan Seksi 3 Gamping-Kulonprogo (38,57 km).

“Sekarang kalau bapak ibu dari kendaraan mobil bisa berapa jam? Tiga jam, tiga setengah jam bahkan sampai empat hingga enam jam. Inilah memang fakta yang ada di lapangan, padahal kita membutuhkan daya saing kecepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi. Ini akan mengefisiensikan waktu tempuh dari Kartasura menuju Yogyakarta dari Solo menuju Yogya dan mungkin nantinya kalau sudah sampai Jogja hanya memakan waktu kurang lebih 30 40 atau 50 menit. Karena belum jadi ya kami, kan, memperkirakan di 30-an menit bisa atau tempat keluarnya sudah bisa sampai,” ujar Presiden Jokowi.

Proyek pembangunan jalan Tol Solo-Yogyakarta fase 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km mulai bisa digunakan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News