September 2024: Inflasi Jateng Capai 1,57%

Rabu, 02 Oktober 2024 – 00:05 WIB
September 2024: Inflasi Jateng Capai 1,57% - JPNN.com Jateng
Inflasi Jateng mencapai 1,57% pada September 2024. Foto: dokumen JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa inflasi di Jawa Tengah pada bulan September 2024 mencapai 1,57 persen year on year (yoy).

Kenaikan ini terutama dipicu oleh peningkatan harga beras dan bahan bakar rumah tangga.

Kepala BPS Jawa Tengah Endang Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa inflasi didorong oleh kenaikan harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, yang berkontribusi sekitar 2,18 persen.

"Komoditas lain yang juga berkontribusi terhadap inflasi bulan ini termasuk rokok, kopi bubuk, minyak goreng, cabai rawit, dan bawang putih," ujarnya, Selasa (1/10).

Dibandingkan bulan sebelumnya, kata dia, inflasi mengalami kenaikan sebesar 0,05 persen. Dari sembilan daerah yang disurvei di Jawa Tengah, semuanya mengalami inflasi.

Kota Tegal mencatat inflasi tertinggi dengan angka 0,13 persen (mtm), sedangkan Kota Semarang mencatat inflasi terendah, yaitu 0,01 persen.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarni menyatakan bahwa inflasi tahunan dan bulanan di bulan September ini masih dalam batas yang disepakati.

Dia berharap penyesuaian harga bahan bakar rumah tangga dapat membantu mengendalikan dampak inflasi di masa depan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa inflasi di Jawa Tengah pada bulan September 2024 mencapai 1,57 persen year on year (yoy).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News