Pemkab Karanganyar Mulai Gencarkan Gerakan Kenyang Tak Harus Nasi

Rabu, 16 Oktober 2024 – 18:45 WIB
Pemkab Karanganyar Mulai Gencarkan Gerakan Kenyang Tak Harus Nasi - JPNN.com Jateng
Pemkab Karanganyar menggelar gerakan pangan murah di Hari Pangan Dunia pada Rabu (16/10). Foto: Humas Pemkab Karanganyar.

jateng.jpnn.com, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai menginisiasi gerakan kenyang tak harus nasi. Gerakan ini diharapkan bisa meningkatkan konsumsi komoditas selain beras. 

Pernyataan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi saat apel Hari Pangan Dunia dan Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan) PP Karanganyar, Rabu (16/10).

Timo menyampaikan pihaknya akan membuat surat edaran dalam rangka mendukung gerakan kenyang tidak harus nasi. Dalam surat tersebut, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyuguhkan hidangan non-beras pada acara setiap Rabu.

"Setiap Rabu kami instruksikan ke setiap OPD menyukseskan kenyang tidak harus nasi," katanya pada sela apel.

Di sisi lain, komoditas non-beras juga banyak diproduksi oleh masyarakat Kabupaten Karanganyar

Pj Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar Titia Sri Jawoto mengatakan indeks ketahanan pangan Kabupaten Karanganyar menempati urutan kesembilan tingkat nasional.

"Hal tersebut patut dibanggakan dan tentu capaian tersebut tidak lepas dari kerja keras para petani, dinas dan semua pihak," katanya.

Dia menambahkan bertepatan dengan Hari Pangan Dunia juga dilangsungkan gerakan pangan murah yang didukung oleh Bulog. Ada beberapa komoditas yang disediakan mulai dari beras 1 ton dengan harga Rp 56 ribu per 5 kg. Kemudian paket minyak goreng dan gula sebanyak 200 paket dengan harga Rp 32 ribu. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai menggencarkan gerakan kenyang tak harus nasi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News