Jalan Ambles 12 Meter di Semarang, Warga Terpaksa Mengungsi, Perbaikan Tak Kunjung Usai

Selasa, 22 Oktober 2024 – 19:45 WIB
Jalan Ambles 12 Meter di Semarang, Warga Terpaksa Mengungsi, Perbaikan Tak Kunjung Usai - JPNN.com Jateng
Jalan ambles sedalam 12 meter di Perumahan Permata Puri, Ngaliyan, Semarang, telah menjadi perbincangan hangat di media sosial sejak Jumat (5/4). Foto: Danang Diska Atmaja/JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jalan ambles sedalam 12 meter di Perumahan Permata Puri, Ngaliyan, Semarang, telah menjadi perbincangan hangat di media sosial sejak Jumat (5/4).

Peristiwa ini menimbulkan kekhawatiran besar di kalangan warga setempat, apalagi hingga saat ini perbaikan jalan yang rusak tersebut masih belum terselesaikan.

Dampak dari amblesnya tanah ini juga mulai dirasakan oleh penghuni sekitar, di mana empat rumah harus dikosongkan karena mulai mengalami keretakan yang membahayakan.

Kasus ini menjadi makin rumit ketika diketahui wilayah yang ambles tersebut dulunya merupakan jalur aliran sungai.

Salah satu warga setempat Ahmad Subaidi menggambarkan situasi yang dihadapinya. "Saya harus meninggalkan rumah dan memindahkan barang-barang sendiri tanpa bantuan. Seluruh biaya pengungsian juga saya tanggung sendiri," ujar Ahmad saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (22/10)

Dia menyebutkan empat rumah di sekitarnya mengalami kondisi yang serupa, dengan struktur bangunan yang mulai retak-retak akibat pergeseran tanah.

"Rumah-rumah ini sudah sangat berbahaya untuk dihuni. Bisa runtuh sewaktu-waktu," tambahnya.

Ahmad pun menyuarakan ketidakpuasannya terhadap pengembang perumahan yang dianggap lalai. Menurutnya, lokasi perumahan tersebut seharusnya tidak layak untuk dibangun karena merupakan bekas aliran sungai yang dilindungi.

Jalan ambles sedalam 12 meter di Perumahan Permata Puri, Ngaliyan, Semarang, telah menjadi perbincangan hangat di media sosial sejak Jumat (5/4).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News