Penggunaan Kendaraan Listrik Meningkat, Kemenperin Gelar Pameran di SMK IPT Karangpanas Semarang

Kamis, 24 Oktober 2024 – 17:20 WIB
Penggunaan Kendaraan Listrik Meningkat, Kemenperin Gelar Pameran di SMK IPT Karangpanas Semarang - JPNN.com Jateng
Pameran konversi kendaraan dari berbahan bakar minyak menjadi listrik di SMK IPT Karangpanas Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan pasar kendaraan listrik (electric vehicle) atau EV di seluruh Indonesia.

Upaya itu tidak hanya memberikan manfaat pelestarian lingkungan, tetapi juga pertumbuhan ekonomi dan memajukan ekosistem industri dalam negeri.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin Reni Yanita mengatakan berbagai inovasi juga telah dilakukan oleh pelaku industri dalam negeri dalam hal pengembangan ekosistem kendaraan elektrik.

Pihaknya menyebut terus berperan aktif dalam mendorong penguatan daya saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) pada industri alat angkut kendaraan listrik.

Termasuk melakukan pembinaan dan memberikan akses promosi produk kendaraan listrik dalam negeri agar dapat bersaing di pasar lokal maupun global.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pelaksanaan kegiatan partisipasi Pameran dan Promosi Kendaraan Listrik di SMK IPT Karangpanas, Kota Semarang pada tanggal 23 – 25 Oktober 2024.

Pameran ini menampilkan puluhan kendaraan roda dua berbahan bakar minyak dikonversi menjadi sepeda motor listrik. Tak hanya itu, juga terdapat mekanik yang mengonversi secara langsung.

Pameran ini kolaborasi Ditjen IKMA dengan Pemerintah Kota Semarang, PT. Mitrametal Perkasa (AZN Motor) dan SMK IPT Karangpanas tersebut yang menghadirkan berbagai inovasi di sektor kendaraan listrik.

Kemenperin gelar pameran kendaraan listrik di SMK IPT Karangpanas Semarang karena penggunaanya meningkat.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News