Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Warga Pesisir di 7 Perairan Jawa Tengah Siap-siap

Senin, 28 Februari 2022 – 11:16 WIB
Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Warga Pesisir di 7 Perairan Jawa Tengah Siap-siap  - JPNN.com Jateng
Ilustrasi gelombang tinggi dan cuaca buruk. Foto: ANTARA/Rahmad

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan Jawa Tengah.

Gelombang laut dengan kadar sedang setinggi 1,25 hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di 7 perairan Jawa Tengah pada Senin (28/2) pukul 07.00 WIB hingga Selasa (1/3) pukul 07.00 WIB.

Berikut wilayah peraian yang harus bersiap:

- Laut Jawa bagian tengah
- Perairan Karimunjawa
- Perairan Brebes-Pemalang
- Peraiaran Pekalongan-Kendal
- Perairan Jepara
- Perairan Pati-Rembang

BMKG menjelaskan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur laut ke timur dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna utara, Perairan Pulau Seribu hingga Rote, Samudra Hindia Selatan NTT, Laut Flores, dan Laut Arafuru," tulis BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat untuk memperhatiakan resiko keselamatan pelayaran. Perahu nelayan akan dihantam kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

BMKG memperikan peringatan dini gelombang tinggi untuk 7 wilayah di perairan Jawa Tengah. Masyarakat pesisir siap-siap.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News