Update Peringatan Dini BMKG, Kebumen Waspada Bencana Hari Ini

Sabtu, 19 Maret 2022 – 08:21 WIB
Update Peringatan Dini BMKG, Kebumen Waspada Bencana Hari Ini - JPNN.com Jateng
BMKG memprediksi cerah berawan hingga hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jateng.jpnn.com, KEBUMEN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem pada pagi hari ini, Sabtu (19/3).

Peringatan Dini Cuaca Jawa Tengah masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pukul 07:30 WIB di Kabupaten Kebumen.

Sejumlah 2 wilayah yang ditandai BMKG di Kebumen adalah Klirong, Buluspesantren, dan sekitarnya.

Dapat meluas ke wilayah:

Kabupaten Cilacap: Nusawungu,
Kabupaten Banyumas: Sumpiuh, Tambak,
Kabupaten Kebumen: Ayah, Buayan, Puring, Petanahan, Ambal, Kutowinangun, Kebumen, Pejagoan, Sruweng, Adimulyo, Kuwarasan, Rowokele, Gombong, Karanganyar, Karanggayam,
Kabupaten Purworejo: Purworejo, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10:30 WIB," tulis BMKG.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Mohon bantuan kepada BPBD/pihak terkait dapat meminta kepada Masyarakat untuk menjauh dari bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor," imbuhnya. (mar4/jpnn)

BMKG mengeluarkan peringan dini cuaca ekstrem di Kebumen. Sedikitnya ada 2 wilayah yang ditandai dan akan meluas ke sejumlah daerah sekitar.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News