Pelabuhan Cilacap Kebakaran, Pelindo-Pertamina Turun Tangan, Penampakannya Ngeri

Selasa, 03 Mei 2022 – 23:20 WIB
Pelabuhan Cilacap Kebakaran, Pelindo-Pertamina Turun Tangan, Penampakannya Ngeri - JPNN.com Jateng
Kobaran api di Dermaga Wijayapura, Cilacap, setelah sejumlah kapal nelayan yang bersandar di Dermaga Batere terbakar pada Selasa (3/5/2022) petang. ANTARA/HO-Lapas Nusakambangan

jateng.jpnn.com, CILACAP - Sejumlah kapal nelayan yang bersandar di Pelabuhan Batere yang bersebelahan dengan dermaga penyeberangan menuju Pulau Nusakambngan, Cilacap, Jawa Tengah, mengalami kebakaran pada Selasa (3/5) petang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan personelnya bersama pihak terkait lain telah berada di lokasi kejadian.

Akan tetapi, pihaknya belum mengetahui secara pasti kronologi kebakaran pelabuhan Cilacap.

"Informasi awalnya belum tahu karena kapal-kapal yang terbakar mengeluarkan gas, semua personel lari," ucap Nyoman.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Wijonardi mengatakan saat ini tim pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap, Pelindo, Pertamina, dan sebagainya tengah melakukan upaya pemadaman dengan menyemprotkan foam.

Menurut dia, penyemprotan foam tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan adanya tumpahan minyak di perairan yang dikhawatirkan dapat merambat ke kapal-kapal lain, termasuk kapal tanker.

"Kalau kami dari BPBD menyediakan kebutuhan air dan mengantisipasi kemungkinan adanya kejadian ikutan," tuturnya.

Kepala Balai Pemasyarakatan Nusakambangan Johan A Sadewa mengatakan berdasarkan informasi yang beredar melalui grup WhatsApp pegawai Lapas se-Nusakambangan, kebakaran tersebut pertama kali terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Salah satu pelabuhan di Cilacap, mengalami kebakaran. Basarnas, Pelindo, hingga pertamina turun tangan menghindari potensi terburuk.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News